Layanan perawatan home care medis. Credit: ghcde.org

Daftar Isi:

  1. Home Care Medis
  2. Home Care Medis ICU
  3. Home Care Medis Live-Out 12 Jam
  4. Home Care Medis Live-In 24 Jam
  5. Biaya Home Care Medis
  6. Konsultasi Home Care Medis

Home care adalah layanan kesehatan yang ditujukkan untuk pasien yang menjalani penyembuhan atau pasca operasi di rumah pribadi yang dilakukan oleh para medis (perawat). Ada pun home care terbagi menjadi dua layanan, yaitu home care medis dan home care non medis.

Di Indonesia sendiri telah banyak sekolah formal untuk jurusan keperawatan dengan kuliatas yang bagus, hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya permintaan pekerja medis ke luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan dan Belanda.

Perawat home care adalah mereka yang telah mengambil profesi atau pendidikan formal baik itu SMK, Diploma (DIII) atau Program Sarjana (S1) dengan jurusan keperawatan, kesehatan atau bidan.

Home Care Medis

Layanan kesehatan home care medis ditujukkan untuk pasien yang memerlukan tindakan medis seperti penggunaan alat ICU, infus atau tabung oksigen yang dilakukan di rumah pribadi. Untuk merawat pasien secara medis maka dibutuhkan perawat dengan tingkat pendidikan minimal DIII atau S1 Keperawatan.

Home Care Medis mempunyai keunggulan yang memastikan pasien selalu didampingi oleh para perawat, mulai dari 12 jam hingga 24 jam dengan sistem shifting. Maka dibutuhkan minimal 2 perawat saat menggunakan home care medis di rumah.

Home Care Medis ICU

Menggunakan jasa perawat home care medis ICU sekarang tidak lagi sulit, mulai dari genggaman gawai telah bisa menghubungi perawat yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Penanangan home care medis ICU ditujukkan kepada pasien paliatif atau pasien terminal yang membutuhkan penanganan medis menggunakan alat ICU lengkap. Pihak jasa home care telah menyiapkan semua peralatan medis yang akan digunakan dalam merawat pasien.

Seorang perawat yang bertugas dalam home care medis minimal mempunyai pendidikan DIII atau S1 Keperawatan yang telah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) dari pemerintah yang masih berlaku.

Home Care Medis Live-Out 12 Jam

Jenis layanan home care medis live-out ditujukkan untuk pasien yang sedang menjalani pengobatan dan terpasangnya alat medis seperti Nasogastric Tube (NGT), Selang Keteter, Suction, Ventilator dll.

Untuk menangani pasien yang terpasang alat medis maka dibutuhkan perawat minimal lulusan DIII atau S1 Keperawatan yang telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dari pemerintah.

Dalam paket home care medis live-out 12 jam, perawat tidak tinggal bersama pasien karena hanya akan mendampingi pasien selama 12 jam saja dalam sehari. Selebihnya akan dilakukan pada keesokan harinya. Namun jangan khawatir, pasien tetap akan dipantau oleh perawat dari rumah dengan melakukan komunikasi dari anggota keluarga yang sedang bersama pasien.

Home Care Medis Live-In 24 Jam

Jenis layanan home care medis live-in 24 jam sama dengan layanan di atas yaitu home care medis live-out 12 jam. Bedanya hanya terletak dari durasi waktu perawatan dan pengawasan yang dilakukan oleh perawat medis selama 24 jam di rumah pasien.

Semua kebutuhan pasien akan diambil alih sepenuhnya oleh perawat, hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan yang membahayakan pasien.

Biaya Home Care Medis

Home care medis mempunyai banyak kelebihan baik dari segi biaya, waktu, kondisi dan kenyamanan pasien. Hal ini karena perawatan pasien sepenuhnya dilakukan di rumah pribadi yang mana ruangan khusus pasien akan disulap sama seperti ruangan di rumah sakit pada umumnya.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa layanan kesehatan home care sangat bervariatif tergantung keadaan pasien dan kebutuhan medis yang diperlukan. Untuk harga home care medis di Jakarta berkisar mulai dari Rp 5.250.000/bulan. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari penyedia jasa home care.

Konsultasi Home Care Medis

Bagi Anda yang ingin konsultasi mengenai home care medis, dapat menghubungi Insan Medika sebagai jasa home care terbaik di Indonesia. Mereka menyediakan layanan konsultasi 24 jam secara gratis.

Selain melayani home care area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Insan Medika mempunyai cabang di Yogyakarta dan Kediri sehingga bisa melayani ke seluruh kota di pulau Jawa dengan cepat.