Gaji perawat lansia di Indonesia tahun 2019
Gaji perawat lansia di Indonesia tahun 2019. Credit: sytycdism.com

Daftar Isi:

  1. Gaji Perawat 2019
  2. Gaji Perawat Lansia 2019
  3. Gaji Perawat Lansia Lulusan SMK Keperawatan
  4. Gaji Perawat Lansia Lulusan D3 Keperawatan/Kebidanan
  5. Gaji Perawat Lansia Lulusan S1 Keperawatan/Kebidanan

Perawat lansia atau care giver adalah sebuah profesi yang membutuhkan pengetahuan dasar, baik secara teori atau praktikal. Bagi Anda lulusan sekolah Keperawatan tentu telah mempunyai pengetahuan dasar yang dibutuhkan dalam merawat lansia.

Perawat lansia Indonesia banyak diminati baik di dalam negeri atau pun luar negeri. Berbicara mengenai gaji perawat lansia (caregiver) tahun 2019 tentu sangat menarik, mengingat jumlah permintaan tenaga perawat kian hari semakin meningkat.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya permintaan tenaga medis dari luar negeri, seperti Jepang, Korea Selatan hingga Eropa khususnya Belanda. Namun permintaan tenaga medis dari luar negeri tersebut belum bisa dioptimalkan oleh pemerintah Indonesia, mengingat ada beberapa tahap yang harus diselesaikan.

Mulai dari menyiapkan tempat pelatihan, memberikan pembekalan skill yang harus dimiliki calon tanaga perawat hingga regulasi pendukung lainnya. Sambil menunggu kerja sama antar pemerintah Indonesia dengan negara-negara peminat tenaga kerja Indonesia rampung, Anda bisa mulai bekerja sebagai caregiver di Indonesia.

Berbagai kota di Indonesia saat ini telah mempunyai peminat yang cukup banyak, hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya yayasan perawat lansia atau perusahaan penyalur tenaga perawat (home care atau care giver).

Di Jakarta sendiri mempunyai banyak perusahaan penyalur perawat lansia yang cukup kredibel dan terpercaya, salah satu perusahaan yang telah mempunyai pengalaman dan penghargaan di dalam mau pun di luar negeri adalah Insan Medika Persada.

Perusahaan yang telah menyabet puluhan penghargaan internasional ini mempunyai tiga kantor cabang di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Kediri. Masing-masing kantor dapat menerima calon perawat lansia kapan saja.

Selain Insan Medika, ada juga Yayasan Perawat Lansia yang berkantor di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Yayasan yang menyediakan berbagai fasilitas untuk para perawat lansia ini adalah:
  • Tempat tinggal di Asrama
  • Fasilitas makan dan minum
  • Pelatihan dan pengajaran
  • Lingkungan bersih dan nyaman

Gaji Perawat 2019

Setelah mengetahui beberapa perusahaan penyalur tenaga kerja perawat lansia, yang harus Anda ketahui tentunya adalah gaji perawat lansia itu sendiri. Berbeda yayasana tau perusahaan tentu berbeda pula gaji yang diterima.

Secara umum, gaji perawat di Indonesia berada di angka Rp 4.951.507 per bulan tahun 2019. Data diambil dari Indeed sebagai salah satu platform pencari kerja online di Indonesia.

Gaji 4 juta sekian tersebut adalah gaji rata-rata perawat yang ditawarkan oleh rumah sakit pencari tenaga perawat. Gaji perawat tergantung dari perusahaan atau rumah sakit yang membutuhkan perawat. Salah satu rumah sakit yang berani memberikan gaji sampai dengan Rp 15 juta per bulan adalah Siloam Hospitals.

Gaji Perawat Lansia 2019

Sebagai tenaga perawat lansia tentu mempunyai perbedaan gaji dari perawat medis yang ada di rumah sakit. Kami mendapatkan data dari beberapa yayasan atau perusahaan penyedia jasa perawat lansia di Jakarta dan sekitarnya. Berikut adalah gaji perawat lansia berdasarkan jenjang pendidikan tahun 2019:

Gaji Perawat Lansia Lulusan SMK Keperawatan

Perawat dengan lulusan SMK Keperawatan dengan pengalaman kurang dari 1 (satu) tahun dan akan bertugas tanpa alat medis akan mendapatkan gaji kurang lebih Rp 2-4 juta per bulan.

Gaji Perawat Lansia Lulusan D3 Keperawatan/Kebidanan

Perawat dengan lulusan Diploma III jurusan Keperawatan atau Kebidananan dengan pengalaman kurang dari 1 (satu) tahun yang bisa bertugas menggunakan alat medis akan mendapatkan gaji kurang lebih Rp 3-5 juta per bulan.

Gaji Perawat Lansia Lulusan S1 Keperawatan/Kebidanan

Perawat yang mempunyai gelar Sarjana jurusan Keperawatan atau Kebidanan dengan pengalaman kurang dari 1 (satu) tahun yang bisa bertugas menggunakan alat medis akan mendapatkan gaji kurang lebih Rp 4-6 juta per bulan.

Terlepas dari gelar pendidikan dan pengalaman kerja, mungkin gaji yang akan diterima oleh perawat mempunyai perbedaan yang disebabkan oleh kebijakan masing-masing wilayah dan perusahaan/yayasan.

Data gaji perawat lansia di atas diambil dari beberapa yayasan/perusahaan yang ada di Jakarta. Sebaiknya Anda mencari tahu lebih jauh mengenai gaji tenaga perawat di masing-masing kota di tempat Anda tinggal.